Sunday, October 21, 2018

Download Buku Siswa Sejarah Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018

October 21, 2018
Pada kesempatan artikel ini Admin akan membagikan sumber belajar dari kemendikbud terbaru untuk kegiatan belajar mengajar pada jenjang SMA MA SMK MAK yaitu Buku Pegangan Siswa dalam Pembelajaran Kurikulum 2013. Buku yang akan Admin bagikan pada kesempatan artikel ini merupakan revisi terbaru 2018 untuk mata pelajaran Sejarah yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran di semester 1 ganjil dan 2 genap.

Bagi Anda yang merupakan Guru Sejarah pada jenjang Sekolah atau Madrasah pada Kelas 12 dan saat ini sedang mencari dan membutuhkan sumber belajar terbaru untuk kegiatan belajar mengajar K13 file yang Admin bagikan pada kesempatan artikel ini tentunya akan sangat bermanfaat. File buku yang Admin bagikan merupakan file dalam bentuk PDF dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bagi Anda yang merupakan Guru pada jenjang tersebut di Kelas XII, dan saat ini sedang membutuhkan Buku Siswa tersebut, silahkan untuk download pada link dibawah ini.
Download Buku Siswa Sejarah Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Buku ini merupakan buku siswa yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku siswa ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak dibawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbarui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.

BAB I Perjuangan Menghadapi Ancaman Disintegrasi Bangsa

A. Berbagai Pergolakan di Dalam Negeri (1948-1965)
Konflik dan Pergolakan yang Berkait dengan Ideologi 
Konflik dan Pergolakan yang Berkait dengan Kepentingan 
Konflik dan Pergolakan yang Berkait dengan Sistem Pemerintahan

B. Dari Konflik Menuju Konsensus; Suatu Pembelajaran
Kesadaran Terhadap Pentingnya Integrasi Bangsa
Teladan Para Tokoh Persatuan
Teladan Para Tokoh Persatuan

BAB II Sistem dan Struktur Politik dan Ekonomi Indonesia Masa Demokrasi Parlementer (1950-1959)

A. Perkembangan Politik Masa Demokrasi Liberal
Sistem Pemerintahan
Sistem Kepartaian 
Pemilihan Umum 1955 

B Mencari Sistem Ekonomi Nasional 
Pemikiran Ekonomi Nasional 
Sistem Ekonomi Liberal

BAB III Sistem dan Struktur Politik dan Ekonomi Indonesia Masa Demokrasi Terpimpin (1959-1965)

A. Dinamika Politik Masa Demokrasi Terpimpin
Peta Kekuatan Politik Nasional
Pembebasan Irian Barat
Konfrontasi Terhadap Malaysia

B. Perkembangan Ekonomi Masa Demokrasi Terpimpin

BAB IV Sistem dan Struktur Politik dan Ekonomi Indonesia Masa Orde Baru (1966-1998)

A. Masa Transisi (1966-1967)
Aksi-aksi Tritura
Surat Perintah Sebelas Maret
Dualisme Kepemimpinan Nasional

B. Stabilisasi Politik dan Rehabilitasi Ekonomi
Stabilisasi Politik dan Keamanan sebagai Dasar Pembangunan 
Stabilisasi Penyeragaman
Penerapan Dwi Fungsi ABRI
Rehabilitasi Ekonomi Orde Baru 
Kebijakan Pembangunan Orde Baru

C Integrasi Timor-Timur

D Dampak Kebijakan Politik dan Ekonomi Masa Orde Baru

BAB V Sistem dan Struktur Politik dan Ekonomi Indonesia Masa Reformasi (1998-sekarang)

A. Masa Akhir Orde Baru
Krisis Moneter, Politik, Hukum, dan Kepercayaan 
Tuntutan dan Agenda Reformasi

B. Perkembangan Politik dan Ekonomi
Masa Pemerintahan Presiden BJ Habibie 
Masa Pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid 
Masa Pemerintahan Presiden Megawati Soekarno Putri 
Masa Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

C Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Indonesia 
Nurtanio: Industri Dirgantara Nasional 
Teknologi Komunikasi dan Transportasi 
Revolusi Hijau
Dampak Perkembangan Teknologi 

BAB VI Indonesia Dalam Panggung Dunia

A Landasan Ideal dan Konstitusional Politik Luar Negeri Bebas Aktif 

B Politik Luar Negeri Bebas Aktif dan Pelaksanaannya 
Lahirnya Politik Luar Negeri Bebas Aktif 
Politik Luar Negeri Indonesia Masa Demokrasi Parlementer 1950-1959 
Politik Luar Negeri Indonesia Masa Soekarno (Demokrasi Terpimpin)
Politik Luar Negeri Indonesia Pada Masa Orde Baru 
Politik Luar Negeri Indonesia Era Reformasi 

C Peran Indonesia Dalam Upaya Menciptakan Perdamaian Dunia 
Pelaksanaan Konferensi Asia-Afrika (KAA) 1955 
Gerakan Non-Blok 
Misi Pemeliharaan Perdamaian Garuda 
Pembentukan ASEAN 
Organisasi Konferensi Islam
Deklarasi Djuanda
Jakarta Informal Meeting (JIM) I dan II

Kurikulum 2013 dikembangkan berbasis pada kompetensi sangat diperlukan sebagai instrumen untuk mengarahkan siswa menjadi:
  1. manusia berkualitas yang mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah; 
  2. manusia terdidik yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri; dan 
  3. warga negara yang demokratis, bertanggung jawab.
Kurikulum 2013 dirancang dengan karakteristik sebagai berikut.
  1. Mengembangkan keseimbangan antara sikap spiritual dan sosial, pengetahuan, dan keterampilan, serta menerapkannya dalam berbagai situasi di sekolah dan masyarakat.
  2. Menempatkan sekolah sebagai bagian dari masyarakat yang memberikan pengalaman belajar agar siswa mampu menerapkan apa yang dipelajari di sekolah ke masyarakat dan memanfaatkan masyarakat dan lingkungan sebagai sumber belajar.
  3. Memberi waktu yang cukup leluasa untuk mengembangkan berbagai sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
  4. Mengembangkan kompetensi yang dinyatakan dalam bentuk Kompetensi Inti yang dirinci lebih lanjut dalam Kompetensi Dasar mata pelajaran.
  5. Mengembangkan Kompetensi Inti menjadi unsur pengorganisasi (organizing elements) Kompetensi Dasar. Semua Kompetensi Dasar dan proses pembelajaran dikembangkan untuk mencapai kompetensi yang dinyatakan dalam Kompetensi Inti.
  6. Mengembangkan Kompetensi Dasar berdasar pada prinsip akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar-mata pelajaran dan jenjang pendidikan (organisasi horizontal dan vertikal).
Kompetensi Inti merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai SKL yang harus dimiliki seorang siswa pada setiap tingkat kelas atau program yang menjadi landasan pengembangan Kompetensi Dasar.
Rumusan Kompetensi inti sebagai berikut.
  1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual.
  2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial.
  3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan.
  4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.
Kompetensi Inti (KI) berfungsi sebagai unsur pengorganisasi (organising element) Kompetensi Dasar. Sebagai unsur pengorganisasi, Kompetensi Inti merupakan pengikat untuk organisasi vertikal dan organisasi horizontal Kompetensi Dasar.
Kompetensi Dasar dibagi menjadi empat kelompok sesuai dengan pengelompokkan Kompetensi Inti sebagai berikut:
  1. Kelompok 1: kelompok Kompetensi Dasar sikap spiritual dalam rangka menjabarkan KI-1;
  2. Kelompok 2: kelompok Kompetensi Dasar sikap sosial dalam rangka menjabarkan KI-2;
  3. Kelompok 3: kelompok Kompetensi Dasar pengetahuan dalam rangka menjabarkan KI-3;
  4. Kelompok 4: Kompetensi Dasar keterampilan dalam rangka menjabarkan KI-4.

Link Download Buku Siswa Kelas XII Kurikulum 2013 revisi Tahun 2018

Sejarah

Itulah informasi dan file Buku yang dapat Admin bagikan pada kesempatan artikel ini untuk kelas 12, buku terbaru edisi revisi terbaru 2018 dari kemendikbud. Semoga file Buku Guru dan Siswa dapat bermanfaat dalam pembelajaran yang Anda laksanakan.

Thanks for reading Download Buku Siswa Sejarah Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Related Posts

Your Comments

No comments:

Post a Comment

Labels

Labels

Labels

Copyright © Informasi Pendidikan Baru. All rights reserved. Template by CB Blogger